Gropyok Tikus Serentak Di Persawahan Desa Bojong

Cilacap – 5 orang Babinsa Koramil 09/Kawunganten di pimpin Serma Sugiyanto bersama masyarakat Desa Bojong laksanakan gropyok tikus serentak bertempat di area persawahan Desa Bojong Kecamatan Kawunganten, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Minggu (12/1/2020).

Kegiatan juga di hadiri Babinkantibmas Brigadir Ratno, Kepala Desa H. Achmad Masruri Sundaryo beserta perangkat desa, Ketua Gapoktan beserta Ketua kelompok tani se Desa Bojong dan perwakilan siswa/siswi MI Ma’arif Bojong.

Di sela-sela melaksanakan kegiatan, Kepala Desa Bojong saat di konfirmasi menjelaskan bahwa kegiatan gropyok tikus dilaksanakan oleh 8 dusun. Karena lokasinya yang tersebar sehingga kegiatan di masing-masing wilayah dipimpin langsung oleh Kepala Dusun.

“Dengan dilaksanakan secara serentak, harapannya akan mendapatkan hasil yang maksimal, sehingga penyebaran hama tikus di persawahan dapat di bendung”, jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada Babinsa dan Babinkantibmas serta semua pihak yang telah terlibat dalam kegiatan ini.

Sementara itu Babinsa Bojong dalam laporannya juga menjelaskan, bahwa berbagai upaya guna membasmi hama tikus sebenarnya sudah di lakukan oleh Pemerintah Desa, salah satunya dengan memberikan hadiah kepada masyarakat yang mendapatkan tikus.

“Siapapun yang dapat menangkap serta membawa ekor (buntut) tikus, akan di beri upah Rp. 1000/ekor”, ucapnya.

Disamping itu lanjut Serka Maksudi, upaya lain dengan pembuatan kandang burung hantu melalui program dari Dinas Pertanian juga sudah dilakukan, akan tetapi karena jumlahnya yang masih sedikit sehingga belum maksimal dan perlu di lakukan upaya lain yaitu dengan gropyok tikus secara serentak.

“Semoga dengan kegiatan ini, pertumbuhan hama tikus dapat dikurangi sehingga di masa tanam satu, para petani mendapatkan hasil panen yang melimpah”, harapnya. R. (09)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *