Danramil Majenang : Pendampingan Babinsa dan PPL, Panen Jagung Betras 1 di Kecamatan Majenang Memuaskan

Cilacap – Dalam rangka upaya mewujudkan program ketahanan pangan nasional, anggota Koramil 13/Majenang terus melaksanakan pendampingan kepada para petani bersama PPL setempat. Mereka sering kali turun langsung ke lapangan membantu para petani mulai dari mengolah lahan, menanam, merawat hingga memanen hasil tanamnya.

Kali ini di lahan milik H. Dalil, warga Desa Cilopadang Kecamatan Majenang, Selasa (4/2/20). Panen perdana jagung varietas unggul hasil kerjasama dengan PT. Benih Citra Asia dan Pemerintah Kabupaten Cilacap ini, menghasilkan panen yang bagus dan memuaskan.

Kepala Dinas Kabupaten Cilacap Supriyanto Sp.MM mengungkapkan, panen di lahan seluas 2 hektare ini sebenarnya untuk dijadikan benih dalam rangka pengembangan komoditas jagung di Kabupaten Cilacap Khususnya di Desa Cilopadang Kecamatan Majenang.

” Sebelumnya Pemerintah mengusulkan lahan untuk pengembangan benih jagung Betras 1 seluas 2 hektare, tetapi antusias petani untuk mengembangkan benih varietas unggul ini sangat tinggi sehingga luas areal bertambah menjadi 2,5 hektare,” ungkapnya.

Bahkan menurut Supriyanto, tidak hanya pengembangan benih varietas unggul jagung saja yang ditanam, varietas unggul lainnya seperti Timun, Melon juga ditanam di lahan ini. Jagung Betras 1 sebagai benih unggul yang diciptakan oleh PT. Benih Citra Asia ini mampu saat panen mampu menghasilkan 13,9 ton/ hektare, sehingga jika dirata-rata dengan luas lahan 2 hektar maka produktivitas mencapai 26,18 ton,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Danramil 13/Majenang Kapten Inf Agus Sudarso juga mengungkapkan bahwa hasil panen kali ini termasuk sangat baik, tidak ada kendala berarti yang dihadapi oleh petani dalam musim tanam hingga musim panen ini. “Percobaan bibit unggul serta bantuan pupuk dari Dinas Pertanian Majenang membuahkan hasil panen yang sangat memuaskan bagi petani, dan nantinya panen tersebut akan dibagikan ke petani dan menjadi bibit unggul untuk ditanami oleh para petani khususnya di wilayah Kecamatan Majenang,” ungkapnya.

Baca Juga  Hadiri Pembinaan Lembaga Desa, Babinsa Ingatkan Keamanan dan Waspada Bencal dan Wabah Penyakit

Mengenai pendampingan para Babinsanya, Danramil menjelaskan bahwa hal itu merupakan bagian dari tugas dan tanggung jawab Babinsa di wilayah binaan untuk memotivasi para petani agar terus bersemangat dalam bercocok tanam demi terciptanya swasembada pangan.

” Dengan adanya pendampingan dari para Babinsa dan PPL, hasil panen di wilayah Kecamatan Majenang khususnya terbilang memuaskan sehingga harapannya dapat meningkatkan kesejahteraan para petani,” kata Kapten Inf Agus Sudarso. Urip

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *