oleh

Danramil Hadiri MAD Penetapan BUMDESMA Mitra Karya Mandiri LKD Kecamatan Bantarsari

-Berita-56 views

Cilacap – Danramil 09 Kawunganten Kapten Chb Sutarman, SH hadiri Musyawarah Antar Desa (MAD) Penetapan Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDESMA) Mitra Karya Mandiri Lembaga Keuangan Desa (LKD) Kecamatan Bantarsari yang dilaksanakan di Oemah Ndeso Dusun Sidadadi Desa Bulaksari Kecamatan Bantarsari. Sebelum ditetapkan kegiatan diawali dengan MAD Laporan tutup buku UPK tahun 2022, Selasa (21/3/23).

Camat Bantarsari Drs. Hari Winarno, M. Si saat memberikan sambutan mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi yang sebesar besarnya atas kerja keras pengurus UPK PNPM Mandiri Pedesaan (MPd) yang telah menjaga aset dengan baik sehingga progresnya positif dan patut untuk disyukuri.

“Dengan berakhirnya UPK PNPM MPd bertransformasi menjadi BUMDESMA LKD Kecamatan Bantarsari diharapkan menjadi momentum meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Bantarsari khususnya Rumah Tangga Miskin (RTM)”, harap Camat.

Apresiasi juga disampaikan Kepala Dispermades Kabupaten Cilacap Bintang Dwi Cahyono, AP. MM. Menurutnya bukan perkara mudah menyelenggarakan MAD Laporan tutup buku UPK tahun 2022 dan MAD Penetapan BUMDESMA LKD Kecamatan Bantarsari.

“Dengan kondisi keuangan yang sehat merupakan hal mudah menyelenggarakan kegiatan semacam ini, tapi berbeda manakala kondisi keuangan tidak sehat menjadi hal yang sangat sulit karena harus ada sinkronisasi antar Camat, UPK dan Kades”, ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya juga menjelaskan maksud kedatangannya sekaligus menjelaskan sejarah berdirinya UPK PNPM MPd, bidang kegiatan yang dilaksanakan, jenis-jenis BUMDes serta dasar hukum pembentukan  BUMDESMA LKD.

“Roh dari BUMDESMA LKD yaitu Program percepatan penanggulangan kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat dan yang terpenting apapun keputusan yang diambil tidak boleh keluar dari dasar hukum tersebut”, tegasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan peraturan bersama Kepala Desa se Kecamatan Bantarsari yang dibacakan Kepala Desa Binangun Mardiyono ditutup dengan tanda tangan oleh Kades se Kecamatan Bantarsari dan Camat.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dispermades Kab. Cilacap Bintang Dwi Cahyono, AP MM, Camat Bantarsari Drs. Hari Winarno, M.Si, Danramil 09/Kawunganten Kapten CHB Sutarman, SH, Kapolsek Bantarsari diwakili Kanit Sabhara Aiptu Dedi, Ketua UPK PNPM MPd Kecamatan Bantarsari Suratman, S.I. Pust beserta anggota, Ketua BKAD Ahmad Maksud, S. Pd.I, Ketua Badan pengawas kelembagaan BKAD Wawan Kurniawan, Kades beserta delegasi Desa se Kecamatan Bantarsari.

 

(R09)