Danramil Cimanggu Resmikan Kampung Pancasila di Desa Panimbang

Cilacap – Danramil 14 Cimanggu Kapten Inf Marjono secara langsung meresmikan Kampung Pancasila. Peresmian dipusatkan di Balai Desa Panimbang, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap, Kamis  (19/05/2022).

Peresmian Kampung Pancasila dihadiri Sekcam Cimanggu Nur Cholis, Kapolsek Cimanggu Iptu Anwar,  para ormas,  OKP,  pelajar dari beberapa sekolah serta berbagai unsur lainnya.

Peresmian ditandai dengan penabuhan gong oleh Sekcam Cimanggu Nur Cholis mewakili Camat Cimanggu didampingi Danramil dan Kapolsek Cimanggu.

Danramil 14 Cimanggu dalam sambutannya mengatakan, peresmian Kampung Pancasila dilaksanakan serentak di wilayah Kodim 0703/Cilacap. Dimana sebutnya, untuk Kabupaten Cilacap juga dilaksanakan di seluruh kecamatan maupun Koramil.

“Kita menjadikan Kampung Pancasila yang tersebar di seluruh wilayah ini sebagai pangkal dalam menghadapi seluruh ancaman, tantangan maupun tuntutan yang ada di depan kita,” katanya.

Dengan adanya kemajemukan, keanekaragaman budaya, agama, bahasa maupun lainnya bukan menjadi penghalang kemajuan bangsa Indonesia, akan tetapi potensi yang sangat besar itu dapat dipergunakan untuk meraih kemajuan serta kejayaan bangsa dan negara.

Kampung Pancasila lanjut Danramil, adalah sebuah julukan yang diberikan oleh masyarakat. Sehingga, dengan suasana harmonis dan sikap toleransi beragama yang dilakukan, warga mengisyaratkan bahwa komunikasi penting untuk membangun konsep diri guna kelangsungan hidup, aktualisasi diri untuk memperoleh kebahagiaan, terhindar dari tekanan dan ketergantungan antara lain lewat komunikasi yang menghibur dan memupuk hubungan dengan orang lain.

Melalui komunikasi sosial, tambah Danramil, bisa bekerjasama dengan aparat pemerintah, baik keluarga, kelompok belajar, perguruan tinggi, RT, RW, Desa, kota dan negara secara keseluruhan untuk mencapai tujuan bersama.

“Dapat dikatakan bahwa dalam kehidupan komunikasi adalah persyaratan yang utama dalam kehidupan manusia dengan seperti itu komunikasi sosial sangat penting dalam kehidupan manusia pada umumnya untuk membantu berinteraksi dengan sesama karena manusia tercipta sebagai makhluk sosial,” imbuhnya.

Lebih lanjut, tujuan peresmian serentak Kampung Pancasila itu sendiri supaya para masyarakat semakin rukun atas keragaman yang ada. Kampung Pancasila ditunjukkan untuk menjadi tempat pembelajaran Pancasila bagi masyarakat luas.

Penyelenggaraan kegiatan di wilayah Koramil 14 Cimanggu ini juga sebagai upaya memelihara dan meningkatkan keeratan hubungan dengan seluruh aparat pemerintah yang akan terwujudnya saling pengertian, kesepahaman dan kebersamaan.

“Kegiatan ini juga dapat meningkatkan pemahaman tentang nilai-nilai Pancasila di wilayah Koramil 14/Cimanggu untuk mewujudkan dan meningkatkan rasa kecintaan kita yang terkandung dalam Pancasila,” paparnya.

Peresmian Kampung Pancasila kata Danramil 14/Cimanggu lagi, merupakan bagian dari program kerja TNI di bidang teritorial khususnya TNI AD dengan tujuan untuk mempererat hubungan baik dan menjalin ikatan tali silaturahmi antara TNI dengan unsur masyarakat serta dapat menciptakan suatu hubungan yang sinergitas antara Koramil dan aparat pemerintah dan masyarakat.

“Sehingga, apabila terjadi permasalahan kecil apapun di masyarakat dapat segera teratasi guna menciptakan kondisi yang kondusif dan tentram di masyarakat,” jelasnya.

Seluruh komponen, diharuskan selalu pegang teguh Pancasila, UUD 1945 dan bhinneka tunggal Ika sebagai konsensus dasar bangsa serta tanamkan dalam diri masing-masing untuk selalu menjaga dan mencerminkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Pancasila merupakan ideologi dan dasar negara kesatuan republik Indonesia yang juga tercantum dalam naskah pembukaan undang-undang 1945 yang sudah digali dan dikaji sesuai dengan khazanah hidup bangsa Indonesia,” pungkasnya.

Kegiatan Peresmian Kampung Pancasila mendapat tanggapan yang begitu antusias dan apresiasi dari berbagai kalangan, termasuk Sekcam Cimanggu.

“Kita sangat mengapresiasi pendirian dan peresmian Kampung Pancasila oleh Koramil 14 Cimanggu,”ungkap Nur Cholis.

(R14/Pendim)