Danramil Cilacap Utara Bekali Linmas Dengan Materi Bela Negara

Cilacap – Komandan Komando Rayon Militer (Danramil) 18/Cilacap Utara (Cilut) Kapten Inf Joko Yunanto memberikan materi Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) dalam rangka Bintek dan Pelatihan Linmas Tahun 2020 Kelurahan Karangtalun, bertempat di Aula Kantor Kelurahan setempat, Kamis (17/9).

Hadir  dalam kegiatan tersebut  Danramil 18/Cilacap Utara Kapten Inf Joko Yunanto, Kapolsek Cilacap Utara diwakili Aipda Rusiko, Lurah Karangtalun Ibu Sukarsinah, S.Sos, Sekertaris Lurah KarangtalunTutur, Babinsa Kelurahan Karangtalun Serda Yahya Muis dan peserta pelatihan Linmas yang berjumlah 25 org.

Danramil 18/Cilut Kapten Inf Joko Yunanto mengatakan pengetahuan Bela merupakan salah satu hal yang wajib dikuasai oleh anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) sebagai kompenen cadangan dalam sistem pertahanan semesta (Sishanta).

Seperti diketahui TNI sebagai komponen utama dalam pertahanan Sishanta memerlukan dukungan dari seluruh unsur cadangan termasuk didalamnya Linmas.

“Jadi peran Linmas cukup strategis, selain itu Linmas merupakan garda terdepan dalam pengamanan masyarakat di tingkat desa atau kelurahan. Selain itu Linmas juga bagian dari mitra TNI  dalam hal ini Babinsa yang bertugas di wilayah,” katanya.

Untuk itu Linmas harus dibekali dengan materi Bela Negara (PPBN) yang memuat didalamya hal-hal mendasar tentang Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Dengan pemahaman tentang bela negara akan  tumbuh rasa nasionalisme, dan kecintaan terhadap tanah air, yang muaranya adalah terciptanya nilai-nilai kejuangan untuk membela dan mempertahankan negara melalui kapasitas Linmas sebagai pelindung masyarakat,” jelas Danramil.

Sementara itu Lurah Karangtalun menyambut baik, kegiatan pembekalan PPBN oleh Komandan Koramil bagi anggota Linmas di wilayahnya. Menurutnya pembekalan yang dikemas dalam Bintek dan pelatihan tersebut sangat berguna bagi pemerintah Kelurahan dan khususnya anggota Linmas.

Baca Juga  Audensi Damai Antara Kades Adiraja dan Warganya, Babinsa Turut Hadir Tengahi Kegiatan Ini

“Kami dari pemerintah Kelurahan mengucapkan terimaksih kepada bapak Danramil beserta Babinsa yang telah meluangkan waktunya untuk memberi pembekalan ini. Harapanya dengan kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan peran Linmas tentang bela negara,” ujar Sukarsinah.Oke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *