Danramil 06/Kesugihan dan Anggotanya, Bersama Warga Kerja Bakti Bersihkan Puing Material Tanah Longsor

oleh -402 views

Cilacap – Dalam rangka mempersolid hubungan TNI dan Rakyat serta mengatasi kesulitan rakyat disekelilingnya, anggota Koramil 06/Kesugihan Kodim 0703/Cilacap bekerja sama dengan anggota Polsek Kesugihan, bersama warga masyarakat melaksanakan kegiatan kerja bakti pasca terjadinya bencana alam tanah longsor yang menimpa rumah Sugeng (35 Tahun) yang beralamat di Dusun Sawangan RT 04/06 Desa Keleng Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap, Kamis (9/1/20).

Tanah longsor tersebut terjadi pada hari Selasa (7/1/20) pada pukul 03.30 Wib yang diakibatkan guyuran hujan yang sangat deras sehingga kondusi tanah yang labil, longsor dengan ketebalan tanah kurang lebih antara 1 meter hingga 1,5 meter dan merusakan dinding rumah yang terbuat dari kalsibot.

Dalam kegiatan jerja bakti ini, Danramil 06/Kesugihan Kapten Inf Sueb turun langsung memimpin kegiatan kerja bakti. Hal itu dilakukannya sebagai wujud kedekatannya dengan rakyatnya. Dia menjelaskan bahwa kegiatan kerja bakti ini merupakan wujud kepedulian TNI terhadap rakyatnya sekaligus kedekatannya yang selama ini telah terjalin dengan baik sehingga apa yang menimpa mereka menjadi tanggungjawab TNI untuk membantu rakyatnya.

” Rakyat adalah ibu kandung TNI, sehingga TNI harus selalu dekat dengan rakyat serta TNI harus bisa mengatasi kesulitan rakyat yang ada di sekelilingnya, seperti kegiatan kerja bakti yang kami laksanakan pada hari ini, kemanunggalan antara TNI dan Rakyat benar-benar terlihat disini, ” jelas Danramil.

“Dengan kegiatan kerja bakti ini juga bisa mendekatkan hubungan silaturahmi anatar TNI dan masyarakat serta antara masyarakat dengan masyarakat serta dapat menumbuhkan selalu sifat kegotongroyongan di lingkungan masyarakat yang sudah mulai terkikis oleh kemajuan jaman,” tambah Danramil.

Danramil juga berharap kepada warga setempat untuk lebih berhati-hati bila ada guyuran hujan dengan intensitas tinggi karena tanah sekitar labil dan mudah longsor. Dia juga menghimbau warga untuk menanam pohon dilereng-lereng bukit yang dirasa kurang kuat untuk menahan derasnya air hujan.

” Saya menghimbau kepada warga masyarakat Desa Keleng untuk mau menanam pohon disekitar lereng-lereng agar kondisi tanah menjadi kuat sehingga kalau terkena hujan, tanah tidak mudah longsor,” himbaunya.

Terkait kegiatan tersebut, Kepala Desa Keleng Karsidi mewakili masyarakatnya menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota Koramil 06/Kesugihan yang telah mau membantu warganya yang tertimpa tanah longsor dengan melaksanakan kegiatan kerja bakti pembersihan material tanah longsor bersama sama warganya. Apabila ada bencana seperti ini, TNI selalu berada di tengah-tengah rakyatnya. Saya salut, ” puji Karsidi. Urip

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *