Danramil 03/Kroya Hadiri Gertak di Desa Buntu

oleh -63 views

Cilacap – Danramil 03/Kroya Kapten Inf Tugirun menghadiri Program Gerakan Pasang Patok Serentak (Gertak) yang diinisiasi BPN Kabupaten Cilacap saat akan melaksanakan pengukuran tanah. Kegiatan yang dihadiri langsung Kepala BPN Kabupaten Cilacap berlangsung di Desa Buntu Kecamatan Kroya, Kamis (17/12/20).

Gertak sendiri merupakan bagian dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dilakukan BPN Kabupaten Cilacap. Dalam pelaksanaannya program PTSL bekerjasama dengan perangkat desa dan Babinsa Jajaran Kodim 0703/Cilacap guna memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat.

Dijelaskan Karsono, A.Ptnh, S.H., M.Si selaku Kepala BPN Kabupaten Cilacap bahwa program PTSL merupakan proses pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa. Dengan adanya program ini, pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat. Sehingga bisa menghindari sengketa tanah serta mempermudah akses perbankan,” jelasnya.

Adapun Biaya yang di tanggung pemerintah dalam PTSLmeliputi sosialisasi, pengukuran tanah dan penerbitan sertifikat sedangkan untuk biaya patok dan materi dibiayai oleh pemilik tanah. ” imbuhnya

Terkait program tersebut, Kades Buntu Rustam, S.Pd menyampaikan terima kasih kepada BPN Cilacap karena saat ini Desa Buntu mendapatkan kepercayaan untuk ikut program PTSL sehingga diharapkan warga masyarakat yang memiliki sertifikat tanah nantinya harga tanah menjadi makin mahal, dibanding sebelum adanya sertifikat tanah,” ungkapnya.

Bagi warga masyarakat buntu yang akan mengikuti PTSL ini hanya dengan syarat menyerahkan foto copy KTP, foto copy KK, foto copy SPPT terbaru dan surat penguasaan bidang fisik tanah dari desa kepada Pokmas.” Ucap Rustam dihadapan warganya.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Kepala BPN Kabupaten Cilacap Karsono, A.Ptnh,S.H.,M.Si beserta anggota, Camat Kroya Luhur Satrio Muchsin S.STP,M.Si, Danramil 03 Kapten Inf Tugirun, Babinsa Buntu Sertu Sartono, Bhabinkamtibmas Aiptu Agus D.W, Kades Rustam S.Pd beserta perangkat serta Ketua Pokmas Drs.Mukhson beserta anggota. (Urip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *