Dandim 0703/Cilacap Hadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah 177 Kepala Desa

Dandim 0703/Cilacap Hadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah 177 Kepala Desa

CILACAP.NEWS | Cilacap – Komandan Kodim 0703/Cilacap Letkol Inf. Wahyo Yuniartoto, SE., M.Tr (Han) bersama unsur Forkopimda Cilacap turut menjadi saksi, Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Kepala Desa Terpilih masa jabatan 2019-2025, hasil pemilihan Kepala Desa Serentak Gelombang III Tahun 2019 Kabupaten Cilacap yang diselenggarakan di Pendopo Wijayakusuma Sakti Pemkab. Cilacap, Selasa (30/04).


Selain Dandim,  pejabat TNI dari Lanal Cilacap dihadiri Kasatbek Lanal Kapten Laut (S) Suwanta dan para Danramil Jajaran Kodim., dari Polres diwakili Kasubag Progar Bagren AKP Suwoyo. Para pejabat Pemkab Cilacap yang hadir diantaranya Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji,  Wakil Bupati Syamsul Aulia Rahman, Asinten 3 Sekda Cilacap Indro Cahyono, Kadis Perikanan Cilacap Didit P., Kadiskominfo Cilacap M. Wijaya, M.M., Kepala Dinas BPPKAD Cilacap Warsono, Ka. Kesbangpol Cilacap Drs. Sadmoko Danardono, M.Si, serta Camat se Kabupaten Cilacap.

Setelah dilantik dan disumpah, 177 Kepala Desa yang terlantik menandatangani berita acara sumpah jabatan dilanjutkan penyematan tanda jabatan dan penandatangan berita acara serah terima Kepala Desa. 


Dalam sambutannya, Bupati Cilacap atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Cilacap mengucapkan selamat dan sukses kepada Kepala Desa terlantik. Pelantikan kepala desa, bukan hanya sebatas pelantikan perangkat pemerintahan ditingkat terbawah, namun juga sekaligus menegaskan dan mengembankan tanggung jawabnya sebagai pemangku kuasa dan kewajiban untuk menguru┼č, merawat dan mengembangkan entitas masyarakat kita.


Lebih lanjut Bupati mengatakan, amanah yang sudah dipercayakan ini bukanlah sebatas kebanggan, bukanlah sebatas kekuasaan, bukanlah sebatas otoritas politik formil, yang berkonsekuensi pada pertanggungjawaban formal semata, namun juga berkonsekuensi moril sesuatu yang harus dipikul dengan penuh tanggungjawab, dan sesuatu yang harus dijalankan dengan sebaik-baiknya,” Kata Bupati. 


Untuk itu Bupati berpesan, agar jalankan tanggung jawab dengan tetap bersandar pada nilai-nilai integritas dan bersandar pada fakta-fakta bersandar pada kondisi-kondisi material. Disaat yang sama untuk tetap teguh dan menjaga kebaikan, menuju kesejahteraan bersama.


Menyikapi pelantikan ke 177 Kepala Desa yang ada di Kabupaten Cilacap, Dandim mengatakan bahwa desa merupakan tempat dimana tumbuhnya nilai, budaya tradisi dan karakter, ciri dan perilaku. Kita tidak boleh sedikitpun mengalihkan pandangan dari desa, tidak boleh mengabaikan keberadaan dan faktor-faktor yang ada di desa, semuanya harus berangkat dan bertumpu serta bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat desa.


” Kepala Desa memiliki peran besar dalam menjaga kondusifitas masyarakat dan menjaga ketertiban umum bersama unsur TNI dan Polri yang ada di kewilayahan serta menjaga kohesi ditengah-tengah masyarakat sehingga kita telah berhasil melalui proses demokrasi secara sehat dan berlangsung dengan baik. Semoga kedepannya, Kepala Desa terlantik mampu menjalankan amanah warganya dengan baik, ” tutur Dandim.   CN.0001_Urip/Elthree

Baca Juga  Kompak, Dandim, Bupati dan Kapolres, Hadiri Pisah Sambut Kepala KSOP Kelas II Cilacap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *