Cegah Penyebaran Covid, Babinsa Nusawungu Pantau Tes Swab Warga

oleh -31 views

Cilacap – Sebagai langkah preventif mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Kecamatan Nusawungu, Babinsa Koramil 05 Nusawungu Serma Mustika Irwan terus melakukan pemantauan penanganan Covid di wilayah binaanya.

Seperti halnya kegiatan tes swab oleh Tim medis terhadap beberapa warga Desa Karangtawang yang diketahui pernah kontak dengan salah satu warga setempat yang terkonfirmasi positif Covid-19, IP (23).

Adapun pelaksanaan Tes swab dilakukan oleh Tim Medis Satgas Penanganan Covid Kecamatan Nusawungu, bertempat di Puskesmas Nusawungu II Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (26/12).

Tampak hadir, Camat Nusawungu Agus.S, Sos, Kepala Puskesmas Nsw II dr. Gilang Adiwignya Priyadi, Babinsa Serma Mustika Irwan H, Babinkamtibmas Aiptu Faujin, Tim Medis Puskesmas Nusawungu II, Kadus Ampel Desa Karangtawang Wagiman dan warga peserta swab.

Dalam kesempatan itu, Babinsa Serma Mustika Irwan menuturkan pelaksanaan tes swab merupakan prosedur yang harus dilakukan manakala terdapat temuan warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi setiap orang yang pernah kontak dengan yang bersangkutan, sehingga Tim Satgas Civid akan tahu sejauh mana penyebaran virus tersebut.

“Dengan adanya tes swab, maka kita dapat mencegah adanya penyebaran virus lebih luas. Adapun warga yang terkonfirmasi positif akan ditangani oleh Satgas Covid untuk mendapatkan perawatan sampai sembuh atau negatif dari Covid 19. Kami selaku Tim Satgas penanganan Covid Kecamatan akan selalu memantau perkembangan Covid diwilayah,” tuturnya.

Dari data yang diperoleh, setidaknya ada 6 orang yang terindikasi kontak erat dengan IP, semuanya merupakan warga Desa Karangtawang Nusawungu, untuk IP sendiri harus menjalani isolasi mandiri. Dan warga setelah menjalani tes swab, juga diharuskan melakukan karantina secara mandiri sampai hasil swab keluar.

“Terkait meningkatnya angka positif Covid di wilayah Kecamatan Nusawungu, kami sebagai Satgas penanganan Covid menghimbau warga pada umumnya untuk patuh dan melaksanakan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari. Kalau semua warga disiplin prokes, kami yakin memutus penyebaran virus ini,” tegasnya.Oke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *