Cegah Penyebaran Covid-19, Pemda Bersama Aparat TNI-Polri Himbau Tidak Menyelenggarakan Sholat Jumat

Cilacap – Cegah penyebaran Covid-19, pemerintah terus menghimbau masyarakat khususnya umat muslim untuk tidak menyelenggarakan kegiatan Sholat Jum’at berjamaah di masjid-masjid. Kegiatan beribadah dianjurkan dilakukan di rumahnya masing-masing.

Seperti halnya yang dilakukan KUA Kecamatan CilacapTengah, bersama Babinsa Kelurahan Lomanis Koramil 01/Cilacap, Kasitrantibum Cilacap Tengah, Lurah dan kasitrantib Kelurahan Lomanis, melaksanakan himbauan kepada warga supaya tidak menyelenggarakan kegiatan Sholat Jum’at di masjid, Kamis (16/4/20).

Turun langsung Kepala KUA Kecamatan Cilacap Tengah Tofik Hidayat bersama Kasitrantib Cilacap Tengah Yusuf Kuncoro, Lurah Lomanis Erma Suyanto, S.Sos. Babinsa Lomanis Sertu Catur P., Babinkamtibkas Aiptu Marsita, dan Kasitrantib Kelurahan Lomanis H.Sukirlan.

Kepala KUA Tofik Hidayat menjelaskan, kegiatan ini didasari atas penetapan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang telah telah menetapkan Covid-19 sebagai Pandemik Global sehingga perlu langkah-langkah pencegahan dan penanganan secara khusus agar tidak terjadi penularan secara luas. Presiden Indonesia pun telah menetapkan Indonesia darurat Covid-19 begutu halnya dengan Gubernur Jawa Tengah yang menyatakan bahwa penyebaran Covid-19 sudah dalam status tanggap darurat.

” Selain daripada itu, Fatwa Majelis Ulama Indonesia No. 14 Tahun 2020 tentang penyelenggaraan ibadah dalam situasi terjadi wabah Covid-19 juga telah menyampaikan kepada pengelola masjid dan segenap umat Islam untuk tidak menyelenggarakan sholat Jum’at dan para jama’ah menggantikannya dengan melaksanakan sholat Dhuhur di rumahnya masing-masing terhitung mulai tanggal 3 April 2020 sampai keadaan tanggap Darurat Covid-19 di Cabut,” jelas Tofik.

Namun demikian lanjut Tofik, pengelola Masjid tetap mengumandangkan Adzan sebagai tanda waktu masuk sholat,” imbuhnya.

Selain itu juga tidak menyelenggarakan kegiatan keagamaan yang melibatkan orang banyak baik di masjid atau pun tempat lain. Mari kita selalu berdo’a, semoga Covid-19 sebagai Pandemik Global ini segera selesai dan berahkir,” tutupnya. (Urip)

Baca Juga  Inilah Tujuan Pembinaan Fisik Bagi Prajurit dan PNS Kodim 0703/Cilacap Serta Jajarannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *