Berikan Materi 4 Pilar Kebangsaan, Babinsa Ajak Ketua RT RW Kelurahan Donan Jonggo Tonggo

oleh -71 views

Cilacap – Babinsa Kelurahan Donan, Koramil 01/Cilacap Sertu Catur Pambudi, berikan materi 4 Pilar Kebangsaan kepada para Ketua RT dan RW Kelurahan Donan Kecamatan Cilacap Tengah Kabupaten Cilacap. Pemberian materi berlangsung di Aula Kantor Kelurahan Donan Jl.Kalidonan, Cilacap Tengah, Selasa(24/11/20).

Hadir dalam acara tersebut antara lain Camat Cilacap Tengah yang di wakili Sekcam Yusuf Kuncoro, Lurah Donan Sentot Maryanto, dan Babinkamtibamas Brigadir Hendra.

Dijelaskan Sertu Catur, 4 Pilar Kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika adalah tiang penyangga yang kokoh (soko guru) agar rakyat Indonesia merasa nyaman, aman, tenteram dan sejahtera serta terhindar dari berbagai macam gangguan dan bencana. Pilar adalah tiang penyangga suatu bangunan agar bisa berdiri secara kokoh. Bila tiang rapuh maka bangunan akan mudah roboh.

“Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara adalah kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami seluruh masyarakat Indonesia dan menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat,” Jelasnya.

Terkait kasus Covid-19, dalam kesempatan tersebut, Babinsa juga menghimbau kepada Ketua RT dan RW untuk meningkatkan gerakan Jogo Tonggo, yaitu gerakan yang dibuat untuk saling menjaga tetangga saat Pandemi Covid-19 yaitu warga atau pasien yang melaksanakan karantina mandiri di rumah.

“Kami mohon tingkatkan gerakan Jogo Tonggo, ‘Jogo Tonggo’ karena gerakan ini dibuat untuk saling menjaga tetangga saat Pandemi Covid-19 yaitu pada saat pasien yang karantina mandiri di rumah. Jogo Tonggo mencakup dua hal, yaitu jaring pengaman sosial dan keamanan, serta jaring ekonomi,” Ujarnya.

Gerakan Jogo Tonggo, bertugas memastikan bahwa warga secara bergotong-royong melawan penyebaran dan penularan Covid-19. Tugas anggota gerakan ini juga memastikan bantuan dan dukungan dari luar wilayah yang masuk ke daerahnya tepat sasaran dan tepat guna.

“Mari kita peduli sesama lawan corona, mari saling bantu, saling jaga untuk melawan penyebaran virus corona dan jangan lupa jaga Imun. Ayo semangat tapi aja sambat,” Ajaknya. (Urip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *