Bau Tak Sedap, Sertu Kuswanto dan Warga Kuburkan Bangkai Ikan Gelo Yang Terdampar di Pantai Bunton

Cilacap – Babinsa Bunton Koramil 08/Adipala Sertu Kuswanto bersama Aparat pemerintah Desa Bunton, para nelayan dan masyarakat setempat, melaksanakan penguburan bangkai ikan gelo yang berserakan di Pantai Wisata Bukit Cemara Sewu yang berlokasi di Desa Bunton Kecamatan Adipala, Selasa (25/8/20).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Sudin, selaku Kepala Desa Bunton dan Ketua Nelayan Salimin serta Ngadi selaku Tokoh masyarakat setempat dan diikuti oleh kurang lebih 20 orang warga. Bangkai ikan yang tersebar di kumpulkan oleh warga dan selanjutnya dikubur sedalam kurang lebih 1 meter agar bau bangkai tidak muncul ke permukaan.

Dijelaskan Sertu Kuswanto, menurut penuturan dari para nelayan yang dia mintai keterangan mengatakan, ikan ikan tersebut sengaja di buang oleh para nelayan yang berada di tengah laut karena ikan tersebut kurang bermanfaat dan tidak memiliki harga ekonomis. Namun karena kencangnya angin laut dan gelombang, ikan ikan tersebut terdampar di sepanjang pantai Bunton.

“Ini menurut keterangan para nelayan dan bangkai ikan gelo ini diperkirakan sudah terdampar selama kurang lebih 3 hari di sepanjang bibir pantai Desa Bunton sehingga menimbulkan aroma bau yang tidak sedap. Saat ini kita bersama aparat desa dan warga mengubur bangkai ikan agar baunya tidak mengganggu kehidupan dilingkungan desa ini, ” Jelasnya.

Terkait kejadian tersebut, selaku Babinsa, dia menghimbau kepada para nelayan agar tidak lagi membuang bangkai ikan agar kejadian serupa tidak terjadi di wilayah pantai ataupun tempat tempat lainnya. Apabila para nelayan kedapatan menjaring ikat tersebut, hendaknya dilepas masih dalam keadaan hidup sehingga peristiwa seperti ini tidak lagi terjadi di lingkungan khususnya di tepi pantai, ” himbaunya. (Urip)

Baca Juga  Aparat TNI dan Polri Cilacap Utara Kawal Penyaluran 779 Paket Beras Kepada Keluarga Penerima Manfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *