Banjir di Desa Mujur Lor dan Gentasari, TNI Koramil Kroya Lakukan Evakuasi

Cilacap – Intensitas hujan yang sangat tinggi di sepanjang wilayah selatan Cilacap dalam beberapa hari, telah menimbulkan dampak banjir di sejumlah tempat. Seperti halnya yang terjadi di Desa Mujur Lor dan Desa Gentasari yang sebagian wilayahnya terendam banjir.

Terkait hal itu, TNI Koramil 03 Kroya jajaran Kodim 0703 Cilacap melakukan upaya tanggap bencana dengan mengevakuasi warga yang terdampak banjir dan melakukan pemantauan situasi perkembangan bencana alam banjir secara berkelanjutan, Senin (25/10).

Danramil 03 Kroya Kapten Inf Tugirun menjelaskan bencana banjir yang melanda di wilayah binaanya itu diakibatkan luapan sungai Tipar yang berlokasi di Desa Mujur Lor, Kecamatan Kroya. Debit air yang sangat besar tak mampu ditahan sehingga meluap ke seluruh pemukiman di sekitarnya.

“Sejauh ini kami bersama unsur pemerintah kecamatan, Polsek, pemerintah desa terkait dan unsur relawan dari organisasi masyarakat setempat telah berupaya untuk melakukan evakuasi dan menyiapkan titik evakuasi di beberapa tempat yang aman,” jelasnya.

Diketahui, dari data yang dihimpun, data rumah di Desa Mujur Lor Kecamatan Kroya yang tergenang air sbg dampak luapan Sungai Tipar sebanyak kurang lebih 611 unit/ KK dengan rincian, Dusun Rawaseser RW 01 sebanyak 25 KK, Dusun Rawaseser RW 02, RT 03 sebanyak 22 KK, RT 05 sebanyak 12, RT 06 sebanyak 19 KK, Dusun Pecangakan RW.03, RT 01 sebanyak 90 KK, RT 02 sebanyak 70 KK, RT 03 sebanyak 67 KK, RT 04 sebanyak 54 KK, dan Dusun Pecangakan RW. 04, RT 01 sebanyak 62 KK, RT 02 sebanyak 66 kk, RT 03 sebanyak 82 KK, RT 04 sebanyak 42 KK.

“Selain merendam pemukiman, luapan air juga berdampak pada akses transoptasi karena luapan air juga merendam Jalan Provinsi Buntu-Kroya sepanjang 150 meter dengan ketinggian sekitar 10 – 30 cm, kami berharap para pengendara lebih berhati-hati saat melintasi jalan ini,” imbuhnya.

Baca Juga  Pelaku Perjalanan di Perbatasan Pintu Masuk Kabupaten Cilacap-Kebumen, di Periksa Tim Satgas Covid-19

Lebih lanjut, Pihak Koramil juga menyiapkan tempat evakuasi bagi warga yg terdampak banjir yaitu di MI Muhamadiyah, Jl Poso RT. 03 Rw. 4 Desa Mujur Lor Kroya, yang saat ini ada 83 orang, MI Darwata 15 orang, MTS Al Madinah 20 orang dengan jumlah keseluruhan 118 orang. Sementara wilayah Desa Gentasari bertempat Di MI Nuh Gentasari sebanyak 35 orang pengungsi.

“Beberapa sarana evakuasi yang digunakan antara lain Dua (2) unit rubber boat dari Koramil, satu unit kbm Ambulans Baznas Cilacap (standby), satu Kbm Backbon Polsek Kroya (standby) dan satu unit Kbm station ss (standby). Dari data sementara kerugian tidak ada korban jiwa nihil, dan Kerugian matriil pemukiman warga tergenang air, beberapa kolàm ikàn lele – guràmeh – nila milik petani terendam banjir, kerugian sekitar Rp 57.000.000,” tandasnya. Oke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *