Babinsa Sertu Tofik Dampingi Petani Panen Padi di Areal Sawah Desa Maos

oleh -55 views

Cilacap – Musim panen padi telah tiba, para petani di Desa Maos, Kecamatan Maos mulai sibuk memanen padi milik mereka di sawah. Guna meningkatkan sinergitas dan kemitraan diantara Babinsa selaku aparat kewilayahan dengan seluruh warga masyarakat khususnya para petani, Babinsa Koramil 07 Maos Sertu Tofik mendampingi warga setempat yang sedang memanen padi di areal sawah desa setempat, Sabtu (06/02/21).

Dalam kesempatan itu, Babinsa Sertu Tofik menuturkan salah satu warga yang disambanginya yaitu Darkam (50) yang sedang memanen padi miliknya. Panen padi di atas lahan seluas 1 Hektar dengan varietas Padi jenis HT menghasilkan profitas sebanyak 6,5 ton.

“Ini adalah awal dari musim panen di Desa Maos dan sekitarnya, dan akan diikuti oleh wilayah lainya. Hal ini tentu menjadi satu kebahagiaan tersendiri ditengah pandemi yang belum kunjung usai. Melalui kegiatan ini kita bisa mendengarkan keluh kesah petani, tak lupa kita menghimbau kepada warga tentang pentingnya protokol kesehatan, dan mensosialisasikan 5 M,” tuturnya.

Lebih lanjut, Babinsa juga mengatakan kepada pemilik sawah Darkam, bahwa ketahanan pangan merupakan program nasional dalam hal ini Kementerian Pertanian yang didukung oleh TNI melalui Satuan kewilayahan. Ketahanan pangan sendiri memiliki 2 dimensi yaitu Prosperity (tingkat kesejahteraan) dan Security (keamanan).

“Diharapkan pelaksanaan panen padi ini menambah tingkat kesejahteraannya meskipun ditengah kondisi Covid-19,Sedangkan aspek security, itu sangat terkait erat dengan tugas dan fungsi dalam memberdayakan wilayah pertahanan untuk menjadi kekuatan pertahanan,” tambahnya.

Dia berharap dengan adanya panen yang sangat baik musim ini akan berdampak positif bagi ekonomk warga yang saat ini terdampak pandemi Covid 19.”Semoga kehidupan para petani semakin maju dan semakin sejahtera, “pungkasnya. Oke