Babinsa Gambarsari Pantau Pemakaman Pasien Covid 19 di Wilayah Binaan

oleh -43 views

Banyumas – Babinsa Gambarsari Koramil 17/Kebasen Sertu Pirngadi dan Bhabinkamtibmas Brigadir Ika Novi melaksanakan pengamanan Pemakaman Alm. ibu Sartiwen (63 thn ) Warga Rt. 04/04 Grumbul Beji Desa Gambarsari Kec. Kebasen Kab. Banyumas bertempat di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pekiringan RT 05/ RW 01 desa Gambarsari Kec. Kebasen Kab. Banyumas, Kamis (20/5/2021)

Almarhumah dirawat di RSUD Banyumas sejak hari Selasa tanggal 18 Mei 2021 pukul 18.00 Wib Alm. masuk IGD dan masuk perawatan dan sesuai prosedur RS dilaksanakan Swab selanjutnya dinyatakan meninggal dunia dengan hasil Swab keluar terkonfirmasi Positif Covid-19. Pada hari Kamis tanggal 20 Mei 2021 pukul 00.30 Wib. Jenazah Almh. diberangkatkan dari RSUD Banyumas dengan menggunakan mobil Ambulance RSUD Banyumas langsung diantar ke TPU Pekiringan Desa Gambarsari RT 05/01 Kec. Kebasen Kab. Banyumas.

Pemakaman di laksanakan dengan SOP Covid 19 oleh tim dari Satgas Covid BPBD Kab. Banyumas, dihadiri oleh Koordinator Lapangan / Ketua regu BPBD Banyumas Teguh R, Kesbangpol kab. Banyumas Heni Kuspriyanto, Kades Gambarsari Waluyo beserta perangkat, Keluarga dan kerabat almarhum.

Proses pemakaman dilaksanakan dengan lancar oleh Petugas pemakaman BPBD Kab. Banyumas. Kehadiran Babinsa dalam setiap kegiatan pemakaman dengan protokol covid 19 ini merupakan upaya turut mencegah warga agar tidak mendekat dan menjauhi kerumunan serta bentuk antisipasi adanya berbagai hal seperti penolakan dari warga disekitar tempat pemakaman.

Sementara itu Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra, S.E., M.I.Pol senantiasa mengingatkan kepada para anggotanya di lapangan khususnya para Babinsa agar apabila melakukan pendampingan memakamkan pasien covid 19, tetap berhati-hati dan waspada, perhatikan 3M, selesai melakukan pendampingan para Danramil agar memerintahkan anggota tersebut untuk pulang, mandi dan mengganti pakaian yang habis dipakai, sepatu dan alas sepatu agar disterilkan dengan cairan desinfektan. Hal ini merupakan upaya menjaga diri, menjaga keluarga dan menjaga Satuan. 

(pen)