Babinsa dan PPL Kecamatan Kesugihan Dampingi Petani Tanam Kedelai

CILACAP.NEWSKesugihan – Anggota Koramil 06/Kesugihan, Kodim 0703/Cilacap, Sertu Mardi dan PPL Pertanian Kecamatan Kesugihan melaksanakan kegiatan pendampingan kepada Kelompok Tani (Poktan) Margi Tani II dusun Muntab, Desa Kesugihan Kidul  yang sedang melaksankan tanam kedelai jenis Anjasmoro di lahan pesawahan dusun Muntab, Desa Kesugihan Kidul, Kecamatan Kesugihan seluas 1 Hektar, Rabu (24/7).


Kegiatan tersebut dihadiri oleh anggota Koramil Sertu Mardi, Koordinator PPL H. Nurokhim, SP., dan  Mahasiswa PKL dari Polbangtan (Politeknik Pembangunan Pertanian) Yogyakarta dan anggota Kelompok Tani Margi Tani II Dusun Muntab, Kesugihan.


Pada Kesempatan tersebut Sertu Mardi menyampaikan bahwa penanaman kedelai dengan memanfaatkan lahan sawah kosong yang telah selesai panen merupakan langkah inovatif dalam memanfaatkan lahan pertanian. Komoditi Kedelai sangat cocok untuk diaplikasikan pasca panen padi.


Lebih lanjut ia mengatakan hal ini senada dengan apa yang di gagas Bupati Cilacap H.Tatto Suwarto Pamuji terkait penananganan lahan pertanian dimusim kering (kemarau) tentang inovasi pola tanam, tanaman kedelai merupakan pilihan yang cocok dikarenakan tanaman kedelai relatif mudah tumbuh meski minimnya pasokan air. Selain itu dengan beralihnya pola tanam dari padi ke palawija ini akan meningkatkan produktivitas petani yang akan berpengaruh pada taraf hidup dan kesejahteraannya.


“Sebagai komitmen TNI untuk mendukung Upaya Khusus (Upsus) Swasembada pangan Padi, Jagung dan Kedelai (Pajale), kita bersama PPL terus intensif mendampingi petani, dengan turun langsung ke lapangan. Harapanya ini akan menjadi motivasi bagi para petani agar semakin bersemangat dalam bekerja”, terang Sertu Mardi. CN.0001_Urip/Elthree
Baca Juga  LOGO KOREM 071

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *