Babinsa Dampingi Posyandu Rahayu Memantau Kesehatan Balita di Desa Kalipurwo

 

Cilacap News, Kebumen – Keberadaan Posyandu dalam mendukung program kesehatan, khususnya program kesehatan ibu dan anak, belum seperti yang diharapkan karena partisipasi masyarakat yang rendah dalam perencanaan, pengelolaan, dan pelaksanaan program Posyandu. Keberadaan Posyandu ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam program posyandu, khususnya dalam memantau pertumbuhan dan perkembangan serta masalah gizi anak melalui pendampingan.

Seperti yang dilakukan Babinsa Desa Kalipurwo, Koramil 19/ Kuwarasan, Serda Jumadi mendampingi kegiatan penimbangan Balita Posyandu Rahayu 2 yang bertempat di rumah ibu Siti Khotimah di dukuh Kalideres RT. 04/ RW. 1 Desa Kalipurwo, Kecamatan Kuwarasan, Kabupaten Kebumen, Rabu (12/02/2020).

Pendampingan yang dilakukan Babinsa ini pada Posyandu tersebut bersama-sama dengan Bidan Desa dan para Kader PKK. Tampak kerjasama yang kuat dalam keikutsertaannya membangun generasi muda yang sehat secara jasmani maupun rokhani. Tidak saja sebagai pendamping Babinsa juga ikut membantu pengukuran tinggi badan Balita dan penimbangan berat badan Balita.

Dalam arahannya Serda Jumadi menyampaikan kepada masyarakat agar selalu menjaga kesehatan terutama di musim penghujan ini yang rawan akan datangnya berbagai penyakit dan yang sekarang sedang rawan adalah penyakit Demam Berdarah.

“Saya mengajak kepada ibu-ibu yang memiliki Balita untuk rutin membawa Balitanya ke Posyandu sesuai jadwal yang ditentukan, hal ini guna memudahkan petugas mendeteksi secara dini jika terjadi keluhan atau gejala lain pada diri anak-anak kita. Lebih baik kita menjaganya ketimbang kita mengobatinya.” ucap Jumadi.

Peran pendampingan Posyandu memang sudah menjadi agenda bagi Serda Jumadi, Ia juga aktif tidak hanya di Posyandu ini namun aktif juga diberbagai kegiatan desa seperti kegiatan kemasyarakatan lainnya mulai rapat desa, Pembinaan di sekolah sekolah, memajukan olah raga karangtaruna, ronda bersama warga dan kegiatan lainnya. Kemajuan desa mulai nampak dengan peran Babinsa, wajah desa lebih maju baik secara fisik maupun secara non fisik. (Sty)

Baca Juga  Babinsa Hadiri Sosialisasi Pemeliharaan Berkala Jalan Inspeksi Saluran Primer Cihaur

Sumber : Pendim Kebumen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *