Babinsa Dampingi Kegiatan Rapid Test Massal Warga Desa Panimbang

Cilacap  –  Sebagai Aparat Teritorial, peran seorang Babinsa sangat diharapkan oleh semua pihak untuk dapat menciptakan suasana yang kondusif diwilayahnya. Dengan dihadapkan suasana pandemi covid-19 dimana kekhawatiran warga tertular virus tersebut menyebabkan masyarakat sangat sensitif dan mudah untuk di pengaruhi.

Menghadapi kondisi demikian, Babinsa Koramil 14/Cimanggu Serda Lukman Prihatono dengan kemampuan untuk melaksanakan binter membantu menciptakan suasana yang kondusif. Salah satunya yaitu membantu Tim Kesehatan dari Puskesmas Cimanggu II yang dipimpin dr. Prasetya untuk melaksanakan pemeriksaan Rapid Test, yang di laksanakan di halaman SMA Raden Fattah Cimanggu, Senin (13/7/20).

Kegiatan Rapid Test tersebut dilakukan secara massal kepada warga Desa Panimbang Kecamatan Cimanggu. Banyak dari mereka yang enggan diperiksa sehingga peran Babinsa dalam hal ini perlu memberikan pemahaman secara jelas agar mereka memahami dan mengerti apa itu penyebab dan dampak dari Covid-19 sehingga warga dengan iklas mengikuti kegiatan Rapid Test yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan.

” Inilah salah satu peran kita dilapangan, kehadiran kita diharapkan bisa menjadi solutor terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat. Kegiatan tapi tes, banyak warga yang enggan dan takut memeriksakan kesehatannya namun setelah kita jelaskan kepada warga, mereka dengan ikhlas memeriksakan kesehatannya, ” kata Serda Lukman.

Setelah dilakukan pemeriksaan, hasil rapid tes diperoleh hasil negatif, sehingga hal tersebut tentu membuat warga yang sebelumnya was was menjadi lega namun demikian, hal tersebut tidak serta merta membuat warga terkena dan mengabaikan protokol kesehatan dalam setiap aktivitasnya.

” Walaupun hasilnya negatif, kita terus mengimbau kepada seluruh warga untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam setiap aktivitasnya. Karena virus corona ini dapat mewabah kapan saja apabila kita lengah dan enggan mematuhi protokol kesehatan, ” tandasnya.  (Urip)

Baca Juga  Jalan Penghubung Rusak, Babinsa dan Warga Kutabima Gotong-royong Perbaiki Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *