Babinsa Bunton Melaksanakan Pengamanan Arak-Arakan Gunungan

Cilacap – Serka Kuswanto, Babinsa Bunton, bersama Bhabinkamtibmas, melaksanakan pengamanan dalam acara arak-arakan Gunungan yang diadakan dalam rangka tradisi Memetri Bumi di Desa Bunton, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Kamis (23/05/2024).

Arak-arakan Gunungan merupakan bagian dari upacara adat Memetri Bumi, yang merupakan ungkapan rasa syukur masyarakat terhadap hasil bumi yang melimpah serta harapan akan keberkahan di masa mendatang. Prosesi ini diawali dengan doa bersama dan dilanjutkan dengan pengangkatan gunungan yang berisi hasil bumi seperti buah-buahan, sayuran, dan aneka hasil panen lainnya.

Sebagai bentuk tanggung jawab dan komitmen terhadap keamanan dan kelancaran acara, Serka Kuswanto bersama Bhabinkamtibmas memastikan situasi tetap kondusif. Mereka juga berkoordinasi dengan panitia penyelenggara untuk mengatur jalannya prosesi agar tidak mengganggu aktivitas masyarakat lainnya.

“Kami sangat senang bisa mendukung kegiatan adat seperti ini. Selain menjaga tradisi, acara ini juga menjadi ajang untuk mempererat tali silaturahmi antar warga. Pengamanan berjalan lancar berkat kerjasama semua pihak,” ujar Babinsa.

Selain pengamanan, Serka Kuswanto dan Bhabinkamtibmas juga aktif memberikan himbauan kepada masyarakat untuk selalu menjaga ketertiban dan kebersihan selama acara berlangsung. Mereka juga memonitor arus lalu lintas di sekitar lokasi acara untuk mencegah kemacetan dan memastikan akses darurat tetap terbuka.

Acara arak-arakan Gunungan berakhir dengan pembagian hasil bumi kepada warga sebagai simbol berbagi rezeki dan mempererat kebersamaan. Partisipasi aktif Babinsa dan Bhabinkamtibmas dalam acara ini mendapat apresiasi dari masyarakat dan panitia penyelenggara.

“Dukungan dari Babinsa dan Bhabinkamtibmas sangat berarti bagi kelancaran acara ini. Kami berharap tradisi Memetri Bumi dapat terus dilestarikan dan menjadi bagian penting dari kehidupan sosial budaya masyarakat Bunton,” ungkap Sudin selaku Kades Bunton.

Dengan suksesnya acara ini, diharapkan tradisi Memetri Bumi terus menjadi warisan budaya yang dapat dinikmati oleh generasi mendatang, serta menjadi momen penting dalam memperkuat solidaritas dan gotong royong di masyarakat.

(ss)