Babinsa Bajing Bersama PPL Kroya Dampingi Poktan Sri Rejeki Penyemprotan Walang Sangit

oleh -95 views

Cilacap – Babinsa Bajing Koramil 03/Kroya Serma Suparno bersama PPL Dinas Pertanian Kecamatan Kroya, dampingi Kelompok Tani “Sri Rejeki” Desa Bajing melakukan penyemprotan hama padi walang sangit yang menyerang tanaman padi yang ada di lahan persawahan Desa Bajing, Kecamatan Kroya, Rabu (17/3/21).

Jenis padi yang terkena hama walangsangit tersebut adalah jenis padi logawa. Tanaman padi ini disemprot dengan menggunakan intektisida merk Panser. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Koordinator PPL UPT Pertanian Kecamatan Kroya Munasir, SP, Penangung jawab Intektisida Supriyadi dari Banyumas, Babinsa Bajing Serma Suparno dan Kadus Bajing Sarimin beserta petani Poktan Sri Rejeki.

Dikatakan Serma Suparno, di musim seperti sekarang ini, hama walang sangit seringkali menyerang tanaman padi petani sehingga perlu dilakukan penyemprotan untuk mengendalikan penyebarannya.

“Dari hasil pemantauan kami, di lahan sawah di wilayah Desa Bajing ini, kami menemukan hama walang sangit atau belalang di beberapa tempat. Guna mengantisipasi meluasnya hama ini, kita berkoordinasi dengan Dinas Pertanian agar segera mengambil langkah untuk menanggulangi permasalahan ini sehingga hari ini kita bersama petani setempat melakukan penyemprotan hama ini dengan intektisida,” kata Babinsa.

Pihaknya bersama PPL Pertanian Kecamatan Kroya dan Kelompok Tani Sri Rejeki bersama-sama berusaha mengantisipasi serangan hama walang sangit tersebut dengan melakukan penyemprotan menggunakan obat insektisida bantuan dari dinas pertanian. “Pelaksanaan penyemprotan harus dilaksanakan secara serentak, agar hama ini tidak berpindah meluas ke sawah yang lain,” tandasnya. (Urip)