Babinsa Ajak Masyarakat Gotong-royong Perbaiki Tanggul Jebol

Cilacap – Babinsa Koramil 07/Maos Serka Ugas, Serka Kajari, Sertu Marhadi Sertu Tofik dan Serda Tranmianto bersama masyarakat Desa Sidasari dan Desa Karangjati melaksanakan kegiatan Kerjabakti perbaikan tanggul Kali Kedungpasung yang jebol pasca hujan semalam sehingga air mengalir kepemukiman dusun Tinggarmangir Karangjati, Kecamatan Sampang, Kabupaten Cilacap, Jumat (18/03/2022).

Turut hadir dalam kegiatan kerjabakti tersebut, Kepala desa Karangjati Suratno, Perangkat Desa Karangjati dan warga dusun Tinggarmangir, Kadus Desa Sidasari serta warga sekitar.

Serka Ugas mengatakan bahwa kerusakan tanggul Kali Kedungpasung yang jebol ini sepangjang 10 meter dan lebar 2 meter.

“Untuk hari Kamis kerjabakti perbaikan tanggul kali sudah berhasil kurang lebih 50 % dan kegiatan pada hari kedua pada hari Jumat mencapai 80 %,”tegasnya.

“Dalam perbaikan tanggul ini dengan cara memancang bambu dan memasukkan tanah ke dalam karung untuk di tumpuk di bagian tanggul kali yang jebol sepanjang kurang lebih 10 Meter, lebar 2 Meter dengan kedalaman 3 meter ini dilaksanakan bergotongroyong dengan warga Desa Sidasari dan Karangjati,”imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama Sertu Marhadi mengatakan “Dengan membuat tanggul darurat menggunakan bambu dan tanah yang dikarungi seperti harapannya tanah tidak akan mudah terbawa arus yang deras ketika turun hujan”,ungkapnya.

Sementara Babinsa Karangjati menyampaikan bahwa setelah dibuat tanggul ini akan terus dipantau agar tidak terjadi jebol susulan yang lebih lebar.

“Kami bersama Kepala Desa Karangjati akan terus memantau dan mewaspadai perkembangan kondisi tanggul sepanjang aliran Kali Kedungpasung,”Tutup Sertu Tofik

Kepala Desa Karangjati mengucapkan terimakasih kepada para Babinsa yang penuh perhatian memantau dan membantu membuat tanggul darurat.

“Terimakasih kami perwakilan dari pemerintah Desa Karangjati mengapresiasi kinerja Babinsa dari Koramil Maos yang telah bahu membahu untuk mengatasi jebolnya tanggul Kali Kedungpasung,”ujar Suratno.

(R07/Pendim)