Babinsa 1206-12/Manday Bantu Evakuasi Warga Yang Terdampak Banjir

Putussibau – Tingginya curah hujan yang mengguyur wilayah Desa Nanga Kalis, Kecamatan Kalis, Kabupaten Kapuas Hulu, sehingga mengakibatkan banjir.

Oleh karena itu Babinsa Nanga Kalis, Koramil 1206-12/Manday Koptu Sofyan Tresna memantau dan memberikan imbauan kepada masyarakat agar tetap tenang dalam menghadapi banjir, Sabtu, (23/05/2021)

Banjir kali ini terjadi dikarenakan tingginya curah hujan yang berturut-turut selama tiga hari mengakibatkan air sungai Kapuas di Kecamatan meluap naik, sehingga menggenangi pemukiman masyarakat yang tinggal di sekitaran tepian sungai.

Babinsa Koptu Sofyan Tresna menjelaskan bahwa, di daerah Nanga Kalis tersebut memang kerap kali terendam banjir, apalagi pada saat musim penghujan, dikarenakan pemukiman masyarakat yang tinggal terlalu dekat dengan aliran sungai sehingga pada saat air meluap pasti tergenang banjir.

“Saat ini sudah hampir semua rumah warga yang lokasinya dekat dengan tepian sungai terendam banjir,” ucapnya.

Untuk itu, Koptu Sofyan Tresna selaku Babinsa, mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dalam menghadapi musibah banjir tersebut, dan meminta untuk mematikan aliran listrik agar tidak membahayakan serta mengamankan barang penting masing – masing ke tempat yang lebih tinggi untuk mengantisipasi terjadi
nya banjir susulan.

“Kami akan terus melakukan pemantauan kepada warga yang terkena musibah banjir tersebut, dan selalu berkoordinasi dengan instansi terkait apabila sewaktu-waktu terjadi banjir susulan,” pungkas Koptu Sofyan Tresna. (Erk/1206)