Atasi OPT, Babinsa Bersama PPL Kecamatan Jeruklegi Terjun ke Sawah

CILACAP.NEWS | Cilacap – Sebagai bentuk dukungan TNI dalam mendukung pemerintah mewujudkan swasembada pangan terus dilakukan, Babinsa selaku aparat mewilayahan juga intensif melakukan pendampingan kepada para petani.

Seperti halnya yang dilakukan Babinsa Koramil 02 Jeruklegi, Kodim 0703 Cilacap, Serma Warso bersama Petugas Pengawas Lapangan (PPL) Kecamatan Jeruklegi saat terjun ke arel sawah milik petani setempat, salah satunya Fatudin warga RT.03 RW. 02 Jln. Pandawa, Desa Tritih Wetan, Kecamatan Jeruklegi, Selasa (16/6).

Hadir dalam kegiatan Babinsa Koramil 02 Jeruklegi Serma Warso, beberapa petugas PPL Kecamatan Jeruklegi diantaranya Srilestari A.MD, Fitri C Purwati, SP, Sarsito, SP, Suparjo, Kades Tritih Wetan Disan, Kadus tritih wetan Cardiyanto dan petani setempat.

Apa yang dilakukan Babinsa dan PPL adalah untuk memantau langsung perkembangan tanaman padi milik petani sehingga mengetahui kendala yang sedamg dihadapi.

“Berdasarkan laporan petani setempat, tanaman padi miliknya mulai diserang Organisme Pengganggu Tanaman (OPT)yang merusak tanaman padi bahkan berpotensi menyebabkan gagal panen. Langkah cepat harus dilakukan untuk segera mengatasinya,” kata Babinsa Serma Warso.

Menurutnya untuk alasan itulah dirinya dan PPL setempat terkun ke areal sawah warga. Pasalnya jika tidak segera ditangani OPT ini akan cepet sekali merusak karena sifatnya yang suka memakan baik akar daun maupun batang tanaman padi.

“Tentunya ini tidak baik bila dibiarkan, sejumlah OPT, salah satunya keong murbai merupakan organisme yang cepat berkembang biak dan merusak tanaman dalam waktu singkat, OPT ini menjadi sasaran kita yang harus segera diatasi,” ujarnya.

Sementara itu Suparjo dari pihak PPL Jeruklegi membeberkan strategi mereka dalam mengatasi OPT yang satu ini.

“Salah satu cara mengatasi OPT (keong) agar tidak higap pada tanaman padi adalah setiap petak sawah dipasang belahan bambu dan tancapkan di sawah sebanyak-banyaknya agar keong bertelur di bambu tersebut dan mudah untuk memberantasnya. Berikutnya sebarkan daun pepaya untuk mengalihkan keong agar tidak memakan daun padi,” terang Suparjo.

Baca Juga  10 Desa Wilayah Kecamatan Maos Terima BST JPS APBD Kabupaten Cilacap, Babinsa Dampingi Kegiatan Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *