Asah Kemampuan Menembak, Kodim Cilacap Gelar Latbakjatri TW I Tahun 2021

oleh -33 views

Cilacap – Kemampuan menembak merupakan kemampuan dasar yang wajib dikuasai oleh seorang prajurit. Untuk memelihara kemampuan tersebut dibutuhkan latihan yang terprogram.

Terkait hal itu, guna mengasah kemampuan menembak prajuritnya, Kodim 0703 Cilacap menggelar program Latihan Menembak Senjata Ringan (Latbakjatri) Triwulan (TW) I Tahun 2021, yang sesuai rencana dilaksanakan selama dua hari, Selasa-Rabu (9-10/3), bertempat di Lapang Tembak Kodim, yang berlokasi di Desa Welahan, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap.

Hadir dalam kegiatan Komandan Kodim (Dandim) Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, SIP selaku Pimpinan Umum Latihan (Pimumlat), Kasdim Mayor Inf Drs. Abdul Asis Lallo selaku Wasevlat (Pengawas dan Evaluasi Latihan), para Perwira Staf dan Danramil jajaran serta para peserta menembak yang sudah dibagi sesuai Sprint (Surat Perintah).

Adapun yang bertindak sebagai Komandan Latihan adalah Kapten Inf Umar Juhepa yang sehari-hari menjabat sebagai Danramil Karangpucung dan pejabat Perwira Seksi Pengamanan dan Operasi (Pasipamops) Kapten Chb Sutarman, SH yang sehari-hari menjabat sebagai Danramil Cimanggu.

Dalam kesempatan itu, Dandim Letkol Inf Andi Afandi yang berasal dari Korps Baret Merah (Kopassus) meninjau langsung jalanya latihan. Selain itu dirinya juga mengecek sarana prasana atau alat perlengkapan (Alkap) latihan baik senjata maupun munisi yang digunakan untuk memastikan masih layak digunakan.

“Senjata yang baik tentu sangat mempengaruhi hasil tembakan, jadi pastikan senjata dalam keadaan baik dan layak digunakan, apabila ada senjata yang mengalami trouble (kerusakan) segera diperbaiki,” ucapnya.

Mantan Komandan Sekolah Para Kopassus itu juga membeberkan beberapa trik menembak yang benar yang biasa dilakukannya waktu di Kopassus.

“Kemampuan menembak sangat dipengaruhi oleh teknik menembak itu sendiri, mulai dari cara memegang senjata, olah nafas, bidikan dan cara menekan picu. Dan apabila semua itu dilakukan dengan benar maka hasil perkenaan tembakan juga bagus,” jelas Dandim.

Sementara itu, Komandan Latihan (Danlat) Kapten Inf Umar Juhepa menekankan kepada para peserta menembak agar mematuhi mekanisme latihan yang sudah diterapkan oleh Koordinator latihan.

“Ingat faktor keamanan adalah kunci keberhasilan latihan, untuk itu ikuti arahan koordinator materi baik kordinator materi menembak senapan maupun pistol. Apabila ada gangguan senjata saat latihan segera laporkan kepada para pengawas lajur (Wasjur). Kita berharap latihan ini dapat berjalan dengan lancar dan aman,” tegasnya. Oke