Antisipasi Terkena Covid-19, Danramil Kawunganten Bersama Tim Gugus Tugas Ikuti Tes Swab

Cilacap – Dengan segala resikonya, Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 baik ditingkat Kabupaten maupun di tingkat Kecamatan, berjuang dalam mengantisipasi berkembangnya Covid-19. Mereka seringkali menangani atau kontak langsung dengan beberapa pasien yang tidak menutup kemungkinan terjangkit virus yang mematikan tersebut.

Guna mengantisipasi terkena Corona Virus Disease (COVID-19) serta untuk mengetahui kondisi kesehatan personil yang tergabung dalam Gugus Tugas penanganan Covid-19 tingkat kecamatan, Danramil 09/Kawunganten Kapten CPM Teguh Budiono bersama Aparat Kepemerintahan Kecamatan dan beberapa Tim Medis ikuti tes swab di Puskesmas Kawunganten, Jumat (25/6/2020).

Aparat Kepemerintahan Kecamatan Kawunganten yang ikut diantaranya Kasitartibum Maryoto, juga Kapolsek Kawunganten AKP Gatot Sumbono, S.Sos dan perwakilan Tenaga Medis Puskesmas Kawunganten sebanyak 10 orang.

Dikonfirmasi koresponden Pendim, Danramil 09/Kawunganten Kapten CPM Teguh Budiono menjelaskan, kegiatan yang sama juga sudah dilaksanakan di beberapa wilayahnya yaitu Kecamatan Bantarsari dan Kecamatan Kampung Laut yang diikuti oleh Tim Gugus Tugas Kecamatan, Tenaga Medis dan perwakilan masyarakat.

” Wilayah Koramil 09/Kawunganten terdiri dari tiga Kecamatan dan secara keseluruhan sudah melaksanakan tes swab, walaupun baru sebatas perwakilan lintas sektoral dan tenaga medis Puskesmas dan kegiatan ini akan dilakukan sesuai dengan perkembangan kasus Covid-19″, jelasnya.

Lebih lanjut Danramil menjelaskan, tes swab dilakukan untuk mengetahui apakah seseorang terkena virus corona atau Covid-19 atau tidak dengan mengambil sampel atau contoh dari tenggorokan dan hidung. Selain itu juga ada beberapa metode pengambilan sampel diantaranya dengan mengambil darah melalui suntikan, mengambil air seni dengan cara pasien harus pipis, atau mengambil air liur dengan cara tes swab.

” Semoga hasilnya semua negatif, sehingga kegiatan pencegahan Covid-19 oleh Gugus Tugas Kecamatan di masa New Normal dapat terus berjalan dan para tenaga medis juga dapat melanjutkan pengabdiannya untuk melayani masyarakat”, pungkasnya. (Urip)

Baca Juga  Cegah Masuknya Covid, Aparat TNI Polri Cilacap Jaring di Wilayah Perbatasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *