Antisipasi Dampak Covid-19, Pemda Cilacap Gelar Rakor Bahas Dukungan Bahan Dasar

Cilacap – Dalam rangka mengantisipasi dampak yang ditimbulkan Covid-19 di kalangan masyarakat, Kepala Staf Kodim 0703 Cilacap Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) membahas dukungan bahan dasar dampak Covid-19 yang digelar Pemda Cilacap bertempat di Ruang Rapat Dinas Pangan dan Perkebunan(Dispabun) Kabupaten Cilacap, Jln. Langkap No. 1 Gumilir, Cilacap Utara, Senin (13/4).

Hadir dalam kegiatan, Kepala Dispabun Cilacap, Ir Susilan, Kasdim Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian beserta Pasiter Kapten Cba M. Isa Saefudin, Wakapolres Cilacap yang diwakili Kanit Rekrimsus Polres AKP Hendi, perwakilan Dinas Pertanian Cilacap, Dinas Pemerintah (Kesra) Bappeda Cilacap, PMI Cilacap dan Baznas Cilacap.

Kepala Dinas Pangan dan Perkebunan(Dispabun) Kabupaten Cilacap, Ir. Susilan memaparkan terkait perkembangan terkini dampak Covid-19, sesuai arahan Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Cilacap maka dibentuk Tim Dukungan Kebutuhan Dasar untuk mengantisipasi berbagai dampak yang mungkin terjadi seperti adanya overlap ekonomi yang di tengah kesulitan masyarakat di Kabupaten Cilacap.

“Perlu upaya yang serius untuk mengatasi kondisi ini, Untuk itu melalui forum ini diharapkan dapat menemukan solusi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti kekurangan pangan misalnya. Nantinya hasil rakor ini akan dilaporkan kepada Ketua Gugus Tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Cilacap untuk mengambil kebijakan dalam mengatasi permasalahan terkait dampak Covid-19,” paparnya.

Menurutnya perlu memahami bahwa manusia memiliki kebutuhan dasar diantaranya kebutuhan fisiologis seperti makan, air, pakaian dan tempat tinggal, disamping kebutuhan keamanan dan kebutuhan sosial.

“Di masa sekarang ini urusan pangan tentu harus diprioritaskan, untuk di Kabupaten Cilacap sendiri stok ketersediaan bahan pangan untuk beberapa bahan pokok penting seperti beras, daging, telor, kedelai, bawang merah,¬† cabai dan lainya sampai bulan desember masih cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, ” ujarnya.

Baca Juga  Hadiri Upacara Penurunan Bendera, Ini Pesan Kasdim 0703/Cilacap Kepada Anggota Paskibra Kabupaten Cilacap

Dalam kesempatan itu Kasdim mengatakan   dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19, TNI-Polri sebagai unsur keamanan memiliki peran penting dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif.

“Rasa aman adalah Kebutuhan dasar rasa manusia, untuk itu kita berupaya melindungi masyarakat dari virus Corona dengan melakukukan penyemprotan disinfektan secara masif di semua daerah baik di kita maupun pedesaan,” katanya.

Lebih lanjut, selain itu upaya lain yang kita lakukan dengan membagikan masker kepada masyarakat.

“Terkait dampak ekonomi, Kodim 0703 Cilacap bersama stakeholder dan pengusaha di Cilacap memberikan sembako gratis kepada masyarakat yang terdampak Covid-19, ini adalah satu bentuk kepedulian yang diharapkan dapat meringkankan beban dan penderitaan rakyat,” imbuh Kasdim. Oke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *