Anggota Koramil 13/Majenang Melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pacasila

Anggota Koramil 13/Majenang  Melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pacasila

CILACAP.NEWS Majenang – Anggota Koramil 13/Majenang  melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pacasila dengan tema “Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju Dan Bahagia” di halaman Kantor Kecamatan Majenang . Selasa 01/10.


Hadir dalam upacara tesebut  Camat Majenang (Bintang Dwi Cahyono, AP, MM),  Danramil 13/Majenang diwakili (Peltu Kusna beserta anggota),  Kapolsek Majenang diwakili (Kanit Reskrim Polsek Majenang IPTU JOHAN WIDODO, S.H., M.M), Kepala KUA Kec.Majenang diwakili (Mansyur Asyhari, S.Ag),  Kepala Dinas Instansi se-Kecamatan Majenang,  Kepala Desa Se-Kecamatan Majenang,  Anggota Persit Kartika Chandra Kirana Ranting 14 Koranil 13/Majebang dan Organisasi Wanita Kecamatan Majenang 8.Organisasi Masyarakat (Pemuda Pancasila, Banser dan Kokam), dan Perwakilan Pelajar SMA.


Camat Majenang Bintang Dwi Cahyono, AP, MM sebagai Pembina Upacara mengatakan bahwa kegiatan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini merukapakan momentum untuk memperingati dan mengenang kembali peristiwa kelam yang terjadi tahun 1965 silam yang mana bangsa Indonesia telah mengalami peristiwa pahit yaitu gerakan Penghianatan terhadap Pancasila yang di berinama G 30 S PKI. Partai Komunis Indonesia (PKI) yang tidak menganut paham Ketuhanan Yang Maha Esa berkeinginan ingin mengusai pemerintahan Indonesia pada waktu itu dengan menculik dan membunuh ke 7 Jenderal TNI – AD yang kita kenal sebagai Pahlawan Refolusi.


Upacara yang dimulai pukul 07.30 Wib, dibuka dengan Penghormatan Pasukan dilanjutkan dengan Mengheningkan Cipta dan Pembacaan Teks Pancasila yang dipimpin oleh Camat Majenang Bintang Dwi Cahyono, AP, MM, beliau juga membacakan naskah pembukaan UUD 1945 dan Pembaca Ikrar dan diikuti oleh semua peserta Upacara.


Bintang Dwi Cahyono, AP, MM, mengatakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan serentak merupakan pengigat akan sejarah bangsa Indonesia agar gerakan – gerakan atau paham – paham PKI tidak lagi tumbuh di era sekarang. Nilai – Nilai yang terkandung dalam Pancasila merupakan pedoman bangsa Indonesia dalam menentukan arah kebijakan yang berlaku di Negara Ini. Maka dari itu “Saya Selaku Camat Majenang menghimbau kepada seluruh Masyarakat  agar segera mengenali dan mendeteksi dini perilaku – perikaku menyimpang yang ada dalam lingkungan masyarakat agar kita mampu bertindak tegas agar keutuhan Negara Kita terjamin khususnya Kecamatan Majenang.


Bahwa upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini adalah wahana untuk menanamkan keyakinan pada TNI dan masyarakat, bahwa Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa dan Dasar Negara Republik Indonesia yang tidak boleh diubah oleh siapapun.
“Peringatan ini merupakan wujud untuk membulatkan tekad dalam mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Sebagai kekuatan dan kebersamaan dalam memperjuangkan keutuhan NKRI.  CN.0001_Tiwi/Elthree
Baca Juga  Penyelenggara Upacara Peringatan HUT RI, Kodim 0703/Cilacap Gelar Gladi Bersih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *