50.000 Pohon Mangrove Hijaukan Pulau Momongan Jetis

Cilacap – Bati Tuud Koramil 05 Nusawungu, Kodim 0703 Cilacap, Serma Turut berpartisipasi dalam kegiatan penghijauan berupa penanaman pohon mangrove di Platar tanggul Sungai Ijo, kawasan Pulau Momongan, Desa Jetis, Kecamatan Nusawungu, Kamis (12/3).

Program penghijauan tersebut merupakan program CSR Pertamina Refenery Unit IV Cilacap yang menargetkan sebanyak 50.000 batang pohon mangrove untuk menghijauakan kawasan Pulau Momongan yang menjadi salah satu ikon wisata Kabupaten Cilacap.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji beserta istri, General Manajer Pertamina RU IV Cilacap Joko Pramono, Sekda Kabupaten Cilacap Farid Ma’ruf, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Cilacap Awwaludin Muuri, SP, MM, Kepala Dinas Pariwisata kabupaten Cilacap Murniyah S.Pd M.Pd, Camat Nusawungu Agus Supriyono, S.Sos, M.Si beserta unsur Forkopinca, Danramil 05/Nusawungu yang di wakili Bati Tuud Serma Turut, Kapolsek Nusawungu Iptu Rakhmat Jupliyanto, Kanit Sabhara Polsek Nusawungu Ipda Rudy, Kepala Dinas Instansi Se-kecamatan Nusawungu, Kepala Desa Jetis H. Muharno, SE beserta ibu, Ketua Tim Penggerak PKK, Kelompok Tani Peduli Wisata dan Organisasi masyarakat setempat.

Penyerahan 50.000 pohon mangrove dilakukan secara simbolis, oleh GM.Pertamina RU IV Cilacap Joko Pramono kepada Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji dan disaksikan oleh unsur Forkopinca Nusawungu serta seluruh undangan yang hadir. Dilanjutkan penanaman pohon bersama-sama di lokasi.

Dalam sambutanya Bupati Cilacap mengucapkan terimakasih kepada Pertamina RU IV atas kepedulian pada lingkungan dengan merealisasikan program CSR dalam bidang penghijauan.

“Apa yang sudah kita tanam ini hendakanya kita jaga bersama demi kelestarian alam di Pulau Momongan. Kita tahu bahwa pulau ini memiliki nilai strategis sebagai destinasi wisata yang mulai dilirik banyak wisatawan. Terkait hal itu tahun ini kita bekerja keras untuk membenahi dan membangun pulau Momongan agar semakin menarik pengunjung,” ucapnya.

Baca Juga  Sempat Dirawat di RSUD Cilacap, Membuat Warga Cemas, Tim Gugus Tugas Covid-19 Jelaskan Status Karmini

Lanjutnya, “Program penghijauan ini tak dapat tercapai tanpa adanya sinergitas antar elemen pemerintah dan stakholder di wilayah Kabupaten Cilacap. Ibarat orang naik sepeda ada tiga peran yang perlu diperhatikan yaitu Mata adalah Pemerintah, tangan adalah mitra atau rekanan yaitu Pertamina dan kaki yaitu warga masyarakat setempat, yang semuanya memiliki peran penting dalam pembangunan ini,” imbuh Tatto.

Sementara itu, Danramil Nusawungu melalui Bati Tuud Serma Turut sangat mengapresiasi dan mendukung Program CSR yang digagas Pertamina RU IV Cilacap.

“Program penghijauan ini sangat berdampak positif bagi lingkungan di Pulau Momongan, dan harapan kita bersama nantinya Desa Jetis Kecamatan Nusawungu menjadi lebih maju, dan Pulau Momongan menjadi destinasi wisata tingkat Nasional serta menjadi pintu gerbang Kabupaten Cilacap wilayah Timur, ” tegas Serma Turut. Oke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *