160 Peserta LDDK SMK Makmur 1 Cilacap Mendapat Pembekalan dari Babinsa

CILACAP.NEWSCilacap Utara – Babinsa Koramil 18/Cilacap Utara Pelda Suranto, Serka Ngalimin dan Serka Teguh Hadi Suwigyo memberikan materi Latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada pelajar siswa-siswi SMK Makmur 1 Cilacap pada kegiatan LDDK (Latihan Dasar Disiplin Korp) SMK 1 Makmur Cilacap yang bertempat di halaman Sekolah tersebut, tepatnya di Jalan Pucang No. 59, Kelurahan Gumilir, kecamatan Cilacap Utara, Senin (29/7)


Serka Teguh Hadi Suwigyo selaku instruktur PBB memberikan contoh secara langsung kepada peserta LDDK, tentang bagaimana melakukan gerakan-gerakan sesuai Peraturan Baris Berbaris yang benar. 


Menurut Serka Teguh latihan baris-berbaris (PBB) merupakan pola pembentukan watak dan karakter dan perilaku disiplin siswa, oleh karena itu latihan ini sangat mendasar dan sangat penting untuk peserta LDDK.


Selain sebagai Instruktur baris-berbaris, ia juga memberikan pembekalan dengan materi tentang Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan kehidupan bernegara.


“Negara kita negara hukum, dan negara ini mempunyai aturan yang wajib ditaati oleh setiap warga Negara serta sadar akan Bela Negara yang menjadi tugas dan tanggungjawab semua warga negara, ” jelas Serka Teguh.


Kepala Sekolah SMK Makmur 1 Cilacap Drs. Uhud menuturkan bahwa kegiatan LDDK kali ini dilaksanakan selama satu Minggu dimulai tanggal 29 Juli sampai dengan 3 Agustus 2019 dan diikuti 160 siswa-siswi kelas 10, 11 dan 12. Oleh karena itu kami sangat memerlukan bantuan Danramil 18/Cilacap Utara Kapten Inf Taryun agar menerjunkan anggotanya untuk membantu melatih siswa-siswi pada kegiatan LDDK kali ini, harapanya siswa-siswi kami kelak menjadi generasi penerus yang mempunyai karakter yang disiplin.” ungkap Uhud.


Menurutnya Latihan Dasar Disiplin Korp (LDDK) merupakan orientasi dasar dari kesiswaan untuk mengenal sekolah, organisasi, baik tentang sosial maupun berorganisasi. Diharapkan dengan kegiatan ini dapat membentuk sikap, mental dan disiplin siswa yang lebih baik dan terarah terutama menanamkan jiwa Nasionalisme dan cinta tanah air. CN.0001_Urip/Elthree
Baca Juga  Berjalan Sepekan, Sasaran Fisik TMMD Kodim 0703/Cilacap Mulai Kelihatan Hasilnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *